-->

[Celoteh Bang Cadel] Tips Membuat Tulisan Tanpa Alfabet Cadel


Ketika melihat blog BangCadel.com ini, pastinya sejuta tanya melintas di benak sobat, yakni bagaimanakah membuat tulisan tanpa alfabet 'itu'? Mungkin hal ini tidaklah penting buat yang tidak cadel. Tapi bagi yang lidahnya cadel, pastinya ini penting banget. Sebab, si cadel-cadel itu bisa membuat tulisan, yang kalau dibacakan di depan umum, tidak malu-malu banget, kayak puisi contohnya.

Hal itu sudah saya alami. Waktu itu, ada lomba puisi yang diadakan di kota saya. Butuh waktu lama supaya saya mau ikut dalam lomba puisi itu. Kemudian, saya pun membuat puisi khusus cadel untuk diikutkan dalam lomba itu. Walaupun hasilnya tidak menang, hahaha!


Meskipun begitu, bagaimana membuat tulisan cadel ini sangat penting, sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, saya membagikan tips-tips tentang pengalaman saya selama ini dalam membuat tulisan cadel dan sama sekali tanpa ada alfabet 'itu'.

Oke, langsung saja simak penjelasannya ini.


1. Banyak latihan menulis

Kalau mau jadi penulis, maka banyaklah latihan menulis. Kalian mesti banyak-banyak latihan menulis, buat mengasah skill. Semakin banyak kalian latihan, maka hasil tulisan kalian akan semakin baik.

Kalau bisa, kalian bisa ikutan lomba-lomba menulis. Hal ini buat membuktikan apakah skill menulis kalian sudah mantap atau belum. Kalau belum menang, kalian bisa mencoba lagi, lagi, dan lagi.

Tips ini bisa juga digunakan untuk penulis-penulis non cadel. Sebab, kalau mau bisa menulis, memang mesti banyak-banyak latihan.


2. Banyak membaca

Jangan hanya menulis saja kalau tidak membaca. Membaca dan menulis itu sangat penting, ada hubungannya, dan tidak bisa dipisahkan. Kalian tidak akan bisa menjadi penulis jika tidak membaca. Sebaliknya, pembaca juga tidak akan bisa menjadi penulis kalau tidak mau mencoba menulis.

Dengan membaca, kalian bisa melihat gaya-gaya kepenulisan masing-masing penulis lainnya. Membaca juga, selain mendapatkan ilmu tentang apa yang dibaca, kalian juga sedikit demi sedikit, memahami gaya kepenulisan masing-masing penulis, memahami bagaimana penulis itu membuat tulisannya.

Untuk itulah, kalian mesti banyak-banyak membaca, supaya skill menulis kamu menjadi lebih mumpuni. Buat yang non cadel juga kalian mesti banyak membaca, kalau mau jadi penulis.


3. Jangan dijadikan beban

Jangan jadikan menulis itu sebagai beban. Enjoy saja. Temukan gaya menulis kalian yang bikin kalian nyaman saja. Tapi, jangan sama juga gaya menulisnya dengan penulis-penulis lainnya. Sebab, penulis-penulis itu punya gayanya masing-masing, sehingga bisa nyaman dengan tulisannya.

Untuk itu, kalian juga mesti nyaman dengan tulisan kalian. Dan tulisan yang nyaman itu pastinya tidak ada beban. Intinya, kalian menikmatinya, menyukainya, dan tidak menjadikan beban. Pasti menulis itu akan sangat menyenangkan.


4. Ubah kalimat aktif menjadi pasif, ataupun sebaliknya

Nah, kali ini mulai masuk ke pembahasan membuat tulisan yang cadel. Supaya kalian bisa membuat tulisan yang tanpa alfabet 'itu', maka kalian mesti mengubah kalimat aktif menjadi pasif, atau sebaliknya, apabila kalimat yang mau kalian pakai itu mengandung alfabet 'itu'.

Ini adalah contohnya:

"Si Budi be*asal da*i Bandung." (Maaf saya tutupi alfabet 'itu', sebab tabu untuk ditulis, hahaha). Lalu kalimat aktif itu diubah menjadi kalimat pasif menjadi, "Bandung adalah tempat asal si Budi".

"Budi sedang membe*i makan kucing kesayangannya." Kalimat ini diubah menjadi, "Kucing kesayangan Budi sedang dikasih makan."


Bagaimana? Dengan kalimatnya dibalik, maka kalian bisa menghilangkan alfabet 'itu' dengan mudah, bukan?


5.  Pandai memilih tema

Tidak semua tema bisa dijadikan bahan tulisan khusu si cadel. Sebab, pasti ada saja tema yang banyak mengandung alfabet 'itu'. Contohnya kayak membuat puisi atau esai tentang 17 Agustus. Hal itu pastinya akan membuat kamu mesti menulis sebuah kata yang mengandung alfabet 'itu'. Kalian pasti tahu apa yang saya maksud, kan?

Untuk itu, alangkah baiknya kamu pilih-pilih tema dulu, apa yang mau kamu tuliskan yang sama sekali tidak ada alfabet 'itu'. Kalau kamu tidak mau membuat tulisan cadel, ya silakan saja membuat tema sebebasnya.


6. Menguasai sinonim kata

Ada kalanya kata atau kalimat yang mau kalian pakai, mengandung alfabet 'itu'. Untuk itu, kalian mesti bisa menemukan sinonim kata itu, yang bisa kalian pakai dan masukkan ke dalam tulisan.

Kalaupun memang tidak bisa, ubah saja kalimatnya, atau gunakan metode yang dijelaskan dalam point 4, yakni mengubah kalimat aktif menjadi pasif atau sebaliknya. Hal ini bisa membantu.

Selain itu, dalam Bahasa Indonesia pastinya ada imbuhan kata yang mengandung alfabet 'itu'. Untuk itu, di sinilah letak pentingnya kalain menguasai sinonim-sinonim kata, supaya bisa mengganti kata yang mengandung alfabet 'itu', menjadi kata yang aman untuk diucapkan oleh si cadel.


7. Banyak-banyaklah imajinasi

Imajinasi dalam menulis itu sangat bagus. Jadi, kalian banyak-banyaklah imajinasi dalam membuat tulisan yang tanpa batas. Sebab, membuat tulisan yang sama sekali tidak ada alfabet 'itu', sangatlah sulit dan belum tentu bisa dilakukan oleh penulis yang hebat sekalipun.

Untuk itu, gunakan imajinasi kalian, mainkan kalimatnya, mainkan katanya, mainkan idenya, lalu buatlah sebuah tulisan yang kualitasnya bagus. Pasti itu sangat membanggakan buat kalian.


Oke, mungkin itu dulu tips-tips yang bisa saya bagikan mengenai membuat tulisan yang sama sekali tanpa alfabet 'itu'. Semoga kalian bisa mendapatkan manfaatnya. Dan jika nasib kalian sama dengan saya, kita mesti tosss.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DISCLAIMER