-->

[Celoteh Bang Cadel] Apa Tujuanmu Ngeblog?



Sejak tanggal diunggah postingan tulisan ini, Bang Cadel sudah mencapai usia 6 tahun. Selama itu, sudah cukup banyak saya menghasilkan tulisan-tulisan yang sama sekali tanpa menggunakan alfabet cadel. Sungguh sebuah usaha yang cukup melelahkan.

Namun, sesuai dengan visi misi web atau blog ini, saya mesti idealis. Meskipun banyak godaan untuk mengubah idealis itu, alias menulis sebebas-bebasnya tanpa ada pakem. Namun, itu bukan Bang Cadel lagi.

Hingga saat ini, saya tetap menulis dengan pakem Bang Cadel, meskipun dengan intensitas yang sedikit, namun setidaknya ada tulisan yang saya isi. Selama dapat ide dan mood, maka saya akan menulis.

Meskipun begitu, apa sih yang didapat selama 6 tahun ini ngeblog di Bang Cadel?

Jawabannya adalah, tidak ada pemasukan uang.

Tapi kalau dapat ilmu, iya.

Ya, selama 6 tahun ini, Bang Cadel tidak menghasilkan pemasukan apapun, selain tulisan-tulisan, dan ilmu tentang blog. Sebab penilaian saya, tulisan-tulisan yang ada di Bang Cadel ini sangatlah penting, dan tak bisa dinilai dengan uang.

Memang, awalnya saya membuat Bang Cadel, adalah demi mendapatkan Adsense dan uang. Saya mencoba mengajukan blog ini ke Google, namun hingga kini masih tetap ditolak.

Saya pun mencoba layanan pemasangan iklan lain selain Adsense. Tapi tetap saja, pengunjung yang masih belum cukup, maka pendapatan pun sedikit. Sehingga, sampai saat ini saya belum mendapatkan penghasilan di Bang Cadel.

Lalu, apakah saya selesai begitu saja? Tentu saja tidak. Meskipun tujuan awal saya adalah uang, namun semakin ke sini, saya semakin paham, bahwa Bang Cadel tak bisa dinilai dengan uang.

Bang Cadel sudah bagaikan anak saya, yang mesti saya asuh, asah, dan asih dengan baik, tanpa meminta imbalan apapun. Saya mesti mencoba yang paling baik, untuk dituangkan ke dalam Bang Cadel.

Jadi, jika menginginkan timbal balik atau balas budi anak, maka itu salah. Sebab, apapun yang kita lakukan kepada anak, janganlah meminta timbal balik. Maka yang ada akan saling menyakiti.

Sebaliknya, jika kita asuh, asah, asih dengan baik, maka akan ada kepuasan dalam hati dan jiwa ini. Selama anak kita bisa menampilkan yang paling baik, maka itu sudah cukup.

Jadi, meskipun saat ini Bang Cadel tidak bisa menghasilkan apa-apa, itu tidak masalah. Yang penting, saya puas menuangkan apa saja di sini, uneg-uneg saya, tulisan saya, dan lainnya, asal masih dalam pakem yang saya buat, yakni tanpa alfabet cadel.

Jika pun nantinya akan dapat uang, maka itu bonus.

Jika ada yang senasib dengan saya, kita mesti tosss.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

DISCLAIMER